JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
PENDIDIKAN GURU PENGGERAK
MODUL 1.2 : NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
OLEH : CGP_ MUHAMAD
SDN 28 MELAYU KOTA BIMA
ANGKATAN 6 NUSA TENGGARA BARAT
REFLEKSI MENGGUNAKAN KERANGKA 4 P
Peristiwa: Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah.
Saat-saat yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya
dalam proses pembelajaran Pada Modul 1. ( Modul 1.1 tentang Filosofi Pemikiran
KHD hingga Modul 1.2 adalah Nilai– nilai dan Perang Guru Penggerak ) yang
pertama Menjadi Pendidik Bagaimana Menuntun segala Kodrat yang ada pada anak
untuk kita tumbuh kembangkan agar bahagia setinggi – tinggi. Yang kedua dengan
mengetahui nilai-nilai dan peran apa saja yang harus dimiliki oleh Guru
Penggerak
Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah.saling
keterkaitan dan mendukung satu sama lain antar peran, nilai dan filosofi
pemikiran ki hadjar dewantara
Perasaan: Saat itu terjadi saya merasa seperti bagaikan.
apa yang saya lakukan selamat ini merasa belum ada apa - apanya masih
jauh dari harapan . Berusaha agar selalu bermuhaasabah diri selalu reflektif
mengetahui kekurangan agar menjadi kekuatan untuk bangkit menjadi agen
perubahan setelah mengetahui bagaimana pemikiran Filosofi KHD dan nilai - nilai
serta Peran guru Penggerak menambah energi baru bagi saya
Pembelajaran:
Sebelum momen tersebut terjadi, merupakan cermin bagi diri saya berpikir
bahwa apa saja yang harus dilakukan sebagai Guru Penggerak , Berangkat dari
Niat yang suci , Tugas yang suci ,Mendidik dengan hati ,jadikan sebagai
ibadah
Penerapan ke depan (Rencana): Apa pengembangan diri yang sederhana,
konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri sekarang, untuk membantu
memperkuat nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak?
1. Luruskan Niat , bulatkan tekad
untuk ikhlas mengabdi
2. Membersamai dengan Program -
program sebagai sekolah penggerak
3. melakukan Pengembangan diri untuk
menigkatkan keterampilan dan kopetensi
4. tergerak dan bergerak melakukan
perubahan sebagai agen perubahan
5. melakukan refleksi untuk memperbaiki diri menjalin kolabaorasi , kerjasama yang baik dengan pemangku kepentingan , motivasi diri untuk selalu belajar
Dengan dan Menjiwai Nilai -Nilai dan Peran Guru sebagai Guru Penggerak
akan Mudah Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional, dan Mencetak Generasi Emas
yang Gemilang yang berkarakter Sesuai Pelajar Profil Pancasila
Mari bergerak , tergerak dan menggerakan salam guru Penggerak
0 komentar:
Posting Komentar