REFLEKSI DWI MINGGUAN PENDIDIKAN GURU PENGGERAK MODUL 1.2 : Nilai dan Peran Guru Penggerak

 JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN 

PENDIDIKAN GURU PENGGERAK 


MODUL 1.2  : NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK 

OLEH     : CGP_ MUHAMAD 

SDN 28 MELAYU KOTA BIMA

ANGKATAN 6  NUSA TENGGARA BARAT

   


REFLEKSI MENGGUNAKAN KERANGKA 4 P


Peristiwa: Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah.

Saat-saat yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Pada Modul 1. ( Modul 1.1 tentang Filosofi Pemikiran KHD hingga Modul 1.2 adalah Nilai– nilai dan Perang Guru Penggerak ) yang pertama Menjadi Pendidik Bagaimana Menuntun segala Kodrat yang ada pada anak untuk kita tumbuh kembangkan agar bahagia setinggi – tinggi. Yang kedua dengan mengetahui nilai-nilai dan peran apa saja yang harus dimiliki oleh Guru Penggerak

Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah.saling keterkaitan dan mendukung satu sama lain antar peran, nilai dan filosofi pemikiran ki hadjar dewantara

Perasaan: Saat itu terjadi saya merasa seperti bagaikan.

apa yang saya lakukan selamat ini merasa belum ada apa - apanya masih jauh dari harapan . Berusaha agar selalu bermuhaasabah diri selalu reflektif mengetahui kekurangan agar menjadi kekuatan untuk bangkit menjadi agen perubahan setelah mengetahui bagaimana pemikiran Filosofi KHD dan nilai - nilai serta Peran guru Penggerak menambah energi baru bagi saya

Pembelajaran: 

Sebelum momen tersebut terjadi, merupakan cermin bagi diri saya berpikir bahwa apa saja yang harus dilakukan sebagai Guru Penggerak , Berangkat dari Niat yang suci , Tugas yang suci ,Mendidik dengan hati ,jadikan sebagai ibadah 

Penerapan ke depan (Rencana): Apa pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri sekarang, untuk membantu memperkuat nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak?

1.      Luruskan Niat , bulatkan tekad untuk ikhlas mengabdi

2.      Membersamai dengan Program - program sebagai sekolah penggerak

3.      melakukan Pengembangan diri untuk menigkatkan keterampilan dan kopetensi 

4.      tergerak dan bergerak melakukan perubahan sebagai agen perubahan 

5.      melakukan refleksi untuk memperbaiki diri  menjalin kolabaorasi , kerjasama yang baik dengan                    pemangku kepentingan , motivasi diri untuk selalu belajar

Dengan dan Menjiwai Nilai -Nilai dan Peran Guru sebagai Guru Penggerak akan Mudah Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional, dan Mencetak Generasi Emas yang Gemilang yang berkarakter Sesuai Pelajar Profil Pancasila

Mari bergerak , tergerak dan menggerakan salam guru Penggerak

0 komentar:

Posting Komentar