Mulai dari diri Modul 2.3 ( Coaching Supervisi Akademik )

 


Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri:

  1. Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?
  2. Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.
  3. Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?
  4. Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.
  5. Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini :

  1. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
  2. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

 

 

Refleksi Diri

  1. .      Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?   Perasaan saya ketika diobservasi adalah grogi, gugup, cemas dan khawatir karena merasa belum maksimal dalam membuat administrasi pembelajaran yang baik sekaligus dalam proses pembelajaran di kelas. Saya berfikir masih banyak kekurangan terhadap diri saya sehingga merasa takut mengecewakan ketika pelaksanaan supervisi berlangsung.
  2. Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut. Pengalaman pertama ketika saya diobservasi saya merasa gugup, karena merasa belum maksimal menjadi guru yang baik ketika membuat administrasi pembelajaran maupun ketika menjalankan proses pembelajaran di kelas. Pengalaman saat observasi Pengalaman pasca observasi Saya memperoleh banyak masukan yang positif dari kepala sekolah dari kegiatan supervisi tersebut.yang menjadi umpan balik bagi saya  Masukan tersebut saya gunakan sebagai bahan evaluasi diri saya untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan saya sehingga menjadi lebih baik ke depannya.

3.     Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik? Supervisi mengembangkan dan meningkatkan kualitas guru sehingga guru tersebut dapat berkembang dalam pekerjaannya. Kegiatan supervisi dilaksanakan melalui berbagai proses pemecahan masalah pengajaran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar-mengajar. Alangkah baiknya seorang supervisor menjadi teladan sehingga menjadi relasi bagi pendidik, serta menyampaikan dengan jujur keadaan yang sebenarnya dalam proses supervisi tersebut. mampu menciptakan hubungan yang harmonis .Supervisor seharusnya juga demokratis, Melibatakan yang di supervisi secara aktif dan  dengan cara menghargai pendapat guru dan memberikan kesempatan kepada guru untuk menyampaikan gagasannya. Sebagai pendidik yang disupervisi hendaknya menerima dengan senang hati masukan dan tanggapan yang berikan oleh supervisor, sehingga menjadi bahan perbaikan ke depannya.dan dilakukan dengan berkesinambungan karena supervisi yang dilakukan kepala sekolah secara terus menerus dan kontinu dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan 

  1. Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10. Jika saat ini saya menjadi kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi,  Supervisi harus didasarkan atas keadaan dan kenyataan yang sebenar[1]benarnya ( reslistis, mudah dilaksanakan ). Supervisi harus sederhana dan informal dalam melaksanakannya.Supervisi harus dapat memberikan perasaan aman kepada guru-guru dan pegawai-pegawai sekolah yang disupervisi,Supervisi harus didasarkan atas hubungan professional, bukan atas dasar hubungan pribadi, Supervisi harus selalu memperhitungkan kesanggupan, sikap, dan mungkin prasangka guru-guru dan pegawai.,Supervisi tidak bersifat mendesak ( otoriter ) karena dapat menimbulkan perasaaan gelisah atau bahkan antipati dari guru-guru. Serta Supervisi tidak boleh didasarkan atas kekuasaaan pangkat, kedudukan atau kekuasaan pribadi. Dan tetap berusaha untuk selalu bersifat preventif, korektif, dan kooperatif.
  2. Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?     Supervisi adalah perbaikan dan perkembangan proses belajar- mengajar secara total  ini berarti bahwa tujuan supervisi tidak hanya untuk memperbaiki mutu mengajar guru, tetapi juga membina pertumbuhan profesi guru dalam arti luas terrnasuk di dalamnya pengadaan fasilitas yang menunjang kelancaran proses belajar- mengajar, peningkatan mutu pengetahuan dan keterampilan guru-guru, pemberian bimbingan dan pembinaan dalam hal implementasi .kurikulum, pemilihan dan penggunaan metode mengajar, alat-alat pelajaran, prosedur dan teknik evaluasi pengajaran, dan sebagainya

Harapan saya terkait pada pembelajaran di modul 2.3 ( Coaching untuk supervise akademik )

1.      Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini? Sebagai pemimpin pembelajaran, tentunya harus memainkan banyak peran. Terkadang, untuk menghadapi murid, harus menjadi seorang konselor.dan juga menjadi mentor. Selain itu, terkadang Anda juga harus menjadi seorang coach.besar harapan saya  mampu memahami semua isi dari modul ini, sehingga dapat saya terapkan dan diimplimetasikan  dalam praktik baik di lingkungan sekolah. Selain itu, saya berharap bisa berkolaborasi dengan rekan guru yang ada di sekolah saya, terutama  guru penggerak yang ada di sekolah saya, serta komunitas praktisi untuk melaksanakan hasil supervisi dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan bersama dalam proses pembelajaran. Untuk tujuan Bersama membangun peradaban.

2.      Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini? Harapan besar bagi saya mampu meningkatkan kompetensi dan kematangan diri, serta memfasilitasi guru lain dalam mengevaluasi pembelajaran berdasarkan data dan tingkat pencapaian murid. Dan terampil menerapkan pendekatan coaching untuk pengembangan diri, guru dan rekan sejawat.

  Salam Guru Penggerak , Tergerak, Bergerak dan Menggerakkan 

" Serentak Berinovasi "

Salam Kebajikan 

0 komentar:

Posting Komentar